Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Pariwisata Melalui Sosialisasi Tentang Peran Kompetensi di Kupang

Krisnawati, Nila (2016) Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Pariwisata Melalui Sosialisasi Tentang Peran Kompetensi di Kupang. In: Prosiding Seri Ekonomi Konferensi Nasional PKM CSR ke-2. LPPM UPH. ISBN 9786028944076

[img]
Preview
Text
N09 berkas - 2020-08-19T095253.851.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N09 review (3).pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata akan berkembang pesat jika terdapat dukungan dan keterlibatan dari masyarakat lokal. Kupang dengan daya tarik nya sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia kenyataannya memiliki kelemahan dalam hal ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Pengembangan SDM ini mutlak diperlukan agar dapat bersaing di arena internasional. Dengan latar belakang ini, Kementerian Pariwisata bekerjasasama dengan lembaga pendidikan formal maupun non formal seperti universitas, lembaga profesional pariwisata Indonesia maupun asosiasi pariwisata. melakukan upaya peningkatan wawasan dan kesadaran tentang daya saing, melalui sosialisasi secara bertahap dan berkelanjutan. Indikator yang digunakan untuk menilai SDM pariwisata di Kupang ini adalah seberapa jauh mereka menghayati tujuh (7) unsur (sapta pesona) pendukung keberhasilan aktivitas kepariwisataan. Ketujuh komponen tersebut adalah aman, tertip, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Sapta pesona mesti menjadi kultur dan spirit yang dihayati secara konsisten oleh penduduk lokal, yang dilanjutkan dengan tahap sosialisasi terhadap kompetensi yang dibutuhkan oleh SDM untuk meningkatkan pelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Kupang. Metode yang digunakan untuk melakukan sosialisasi ini adalah melalui dialog dan sosialisasi. Kajian ini memberikan suatu model komunikasi dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat terhadap peran kompetensi untuk meningkatkan daya saing SDM Pariwisata di Kupang. Dengan demikian tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui model komunikasi yang efektif dalam mensosialisasikan kebijakan kepada SDM pariwisata di Kupang. Berdasarkan beberapa aktivitas dan pendekatan yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa model komunikasi dalam program sosialisasi kompetensi SDM pariwisata di Kupang terdiri dari model komunikasi langsung (one step flow model), komunikasi kelompok (two step flow model) serta komunikasi tidak langsung (multi step flow model). Model ini dijadikan usulan bagi mitra kementerian pariwisata dalam melakukan berbagai program sosialisasi pada masa yang akan datang.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Daya Saing SDM; Kompetensi; Sapta Pesona; Pariwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > Tourism--Marketing
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry
Divisions: Faculty of Business Administration and Communication > Department of Hotel and Tourism Management
Depositing User: Faisal Ifzaldi
Date Deposited: 28 Aug 2020 10:21
Last Modified: 28 Aug 2020 10:21
URI: http://repository.sgu.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item