Perancangan Pengukuran Kinerja Program Perbaikan Berkelanjutan (Kaizen-Teian) dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT. Smelting Gresik)

Romeli, Romeli and Gunawan, Janti and Baskoro, Gembong (2011) Perancangan Pengukuran Kinerja Program Perbaikan Berkelanjutan (Kaizen-Teian) dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT. Smelting Gresik). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV-2011, MMT-ITS. ISSN 978-602-97491-3-7

[img]
Preview
Text
2010_11-GNP-SemnasMMTRomeliGembong.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbaikan berkelanjutan atau continuous improvement (CI) dalam semua aspek bisnis sangat penting untuk menjaga tingkat keunggulan. Pengukuran kinerja terhadap proses berbaikan tersebut juga sama pentingnya dan ini menjadi kunci keberhasilan pengelolaan perbaikan berkelanjutan yang terjadi. PT.Smelting adalah merupakan salah satu perusahaan peleburan yang menerapkan strategi perbaikan berkelanjutan, yang melibatkan 3 kegiatan yaitu pemeliharaan, inovasi dan kaizen-teian. Namun studi mengenai pengukuran kinerja dan evaluasi yang komprehensif berkaitan dengan model perbaikan ini sangat terbatas. Beberapa studi sebelumnya mengenai pengukuran kinerja perbaikan telah menerapkan berbagai metode, namun pada umumnya mereka hanya berfokus pada kinerja departemen pemeliharaan. Dalam tesis ini pengukuran kinerja dilakukan untuk mengukur kinerja proses perbaikan yang terjadi pada perusahaan secara keseluruhan. Untuk itu pengukuran kinerja dilakukan dengan mengadopsi teknik extended balance scorecard (EBSC) untuk merumuskan kerangka kerja yang menetapkan hubungan sebab akibat dari strategi perbaikan berkelanjutan dan merumuskan key performance indicator (KPI) yang diberi pembobotan menggunakan Analytic Hierarchi Process (AHP) sesuai dengan dampaknya terhadap keunggulan kompetitif perusahaan. Pendekatan EBSC dipilih karena metodologi ini dapat mengukur kinerja perusahaan dengan lebih komperhensif, yang meliputi empat perspektif score card yang asli yaitu: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan inovasi pengembangan, ditambah dengan perspektif lingkungan sosial dan perbaikan berkelanjutan. Dari pengukuran kinerja ini diharapkan dapat membantu perusahaan menganalisis proses perbaikan berkelanjutan dan merancang kerangka kerja pengelolaan proses perbaikan berkelanjutan (kaizen-Teian) dengan pendekatan EBSC sebagai strategi baru yang lebih baik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4 Industrial engineering. Management engineering
Depositing User: Gembong Baskoro
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:16
Last Modified: 13 Mar 2023 03:16
URI: http://repository.sgu.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item